Anak Umur 13 Tahun Prediksikan Tabrakan Asteroid

Nico Marquardt, demikian nama lengkap anak tersebut, menggunakan hasil rekaman teleskop di Institut Astrofisika di Postdam (AIP), Jerman untuk memperkirakan tabrakan asteroid Apophis ke Bumi. Hasil perhitungannya menunjukkan bahwa peluangnya menabrak Bumi satu berbanding 450.

NASA sebelumnya memperkirakan peluangnya hanya satu berbanding 45.000. Namun, lembaga tersebut membenarkan bahwa hitungan anak tersebut yang lebih tepat. Hal tersebut telah disampikan kepada lembaga mitranya di Eropa, ESA (European Space Agency).

Apophis diperkirakan akan mendekati Bumi hingga jarak 32.500 kilometer pada 13 April 2008. Jalur orbitnya ada kemungkinan berubah jika asteroid tersebut menabrkan salah satu dari 40-000-an satelit yang saat ini mengorbit Bumi.

Marquardt menemukan, risiko asteroid menabrak Bumi lebih tinggi karena ada kemungkinan menabrak salah satu satelit. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 35.880 kilometer bergerak di orbitnya dengan kecepatan 3,07 kilometer perdetik. Jika Apophis menabrak satelit tersebut pada 2029, jalur orbitnya berubah dan berisiko lebih besar menabrak Bumi pada jalur orbit berikutnya tahun 2036.

Baik para peneliti NASA maupun Marquardt sependapat bahwa tabrakan asteroid ke permukaan Bumi akan menghasilkan bola iridium dan besi raksasa berdiameter 320 meter dan berat 200 juta ton. Bola logam tersebut akan jatuh ke Samudera Atlantik dan menghasilkan tsunami raksasa. Selain gelombang laut yang akan meghancurkan wilayah pinggiran pantai, peristiwa tersebut juga menghasilkan gumpalan debu yang bisa menyebabkan kegelapan di seluruh dunia.

Tuh ada lagi bencana yang mungkin bakal terjadi. Sebaiknya sih di cegah sebelum semua itu terjadi. Dari pada malah bikin peperangan yang ngga jelas. Mending bersatu alias Gabung tuh buat hancurin asteroid yang bakal nabrak Bumi. Malah pada bikin Penghancur – penghancur buat musnahin satu sama lain.

info : Kompas

Iklan

7 Tanggapan

  1. komen standart dulu ahh…
    PERTAMAAAXXX!!!

    tapi ini kan udah tanggal 19 april 😀

  2. wahh.. semoga aja aku masih bisa menyaksikan tabrakan Asteroidnya sambil nongkrong di burjo bareng si Nico Marquardt. Sambil nunggu tabrakannya.. kang.. goreng tante dua yak.. 🙂

  3. udah lewat… amaaaaannn

  4. jiban <= memang ini tanggal 19 April tapi kan lihat kedepannya. Hayoo umur berapa saat terjadi tabrakan itu.. .^^.
    hati” ya…

    JOewashere <= Ah lo mah dah mau ada bencana aja masih mikir makanan.. Ketemu ngga tuh ma Setan Cewek yang ada di warnet.. hati – hati aja.. ntar dia datangin lo.. hihihi.. .^^.

    ulan <= udah lewat sih jarak mendekat terkhir ke Bumi bukan pas tabrakan ke Buminya.. .^^.

  5. wah tenang ajah mudah2ah paz kjadian itu terjadi kita lagi dalam keadaan iman yang kuat y!? jadi insya4JJ1 masuk surga dah,…………
    lagian ngapayn lama – lama di dunia klo bza masuk surga lebih cepet,…….
    heeeeeeeeeeeeeeeeeee

  6. @rizky << wah kok terkesan dah pengen cepet lewat aja .. hihihihi gila lo ya.. 😛

  7. Y klo aq stuju. Bersatu tuk ancurkan astroit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: